6 Cara Saya Mengatasi Laptop yang Terkena Air

23 Jul 2014

Arghhhh….Rasanya seperti kepala mau pecah saat laptop tersiram air, apalagi airnya dalam bentuk kopi, ditambah lagi kita lagi mengerjakan tugas sekolah atau tugas kampus yang sangat penting, ditambah lagi uang saku hampir habis. Lengkaplah sudah penderitaan ini jika sudah begitu.

Pernah tidak mengalami hal semacam ini, kecuali kehabisan uang saku. pasti rasanya sangat menjengkelkan bukan, belum lagi jika laptop tidak mau On, setelah laptop kita minum kopi. Hmmm…pada akhirnya uang saku juga yang jadi korban untuk jasa service laptop. Tapi tenang, tahukah anda tidak semudah itu laptop akan rusak setelah terkena benda cair. Apalagi setelah terkena benda cair langsung di tangani dengan tepat dengan cara infus, vaksin, suntik dan lain sebagainya (bercanda gan!!!). Kenyataannya ya, ketika laptop terkena benda cair dan di tangani dengan tepat dan cepat kita masih bisa kok menyelamatkan harta berharga kita yang satu ini. Gimana sih caranya? cara?? ini sekedar tips buat agan yang tidak menjamin laptop akan aman, tapi setidaknya ini pertolongan pertama yang bisa saja menyelamatkan dokumen penting dan juga video? video? video? ahh sudahlah…..! Berikut tipsnya gan, simak biar ada persiapan first aid ketika laptop terkena benda cair.

1. Firs step, (sok inggris loe…) okeh! langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mematikan atau shutdown laptop anda. kalau perlu langsung cabut saja baterainya (jika kondisi file sudah tersimpan, jika belum simpan lalu matikan laptop anda segera). Kenapa? Kenapa harus dimatikan? logikanya begini gan, pernah gak agan lihat film robot di tv atau bioskop? nah, robot ini punya mesin yang tidak tahan terhadap air dan bisa rusak ketika terkena air, itu karena mesinnya dalam keadaan hidup, jadi akan terjadi korsleting tenaga listrik di dalamnya. Seperti itulah laptop, mesin di dalam laptop akan mengalami korsleting ketika terkena air jika tidak segera di matikan. Mengerti kan?

2. Langkah berikutnya, segera balik posisi laptop anda kebawah atau lebih simpelnya hadapkan posisi keybord ke bawah. Cara ini dilakukan agar air keluar dan tidak masuk terlalu dalam ke bagian dalam laptop itu sendiri

3. Ambil tissu buat lap air mata kesedihan agan, sisanya bersihkan laptop agan menggunakan tissu tersebut. Atau bisa menggunakan handuk yang punya daya hisap air lebih kuat dan lebih banyak untuk membersihkan laptop agan.

4. Punya hair drier? kalau tidak punya, sana pinjam sama tetangga yang punya. Kalau masih tidak ketemu hair drier, kipas angin juga bisa digunakan untuk mengeringkan laptop anda dari air.

5. Yakin sudah bersih dan kering airnya? pastikan dulu sana, jangan sampai masih ada bagian yang basah.

6. Sekarang nyalakan kembali laptop agan untuk memastikan apakah masih berfungsi atau tidak. Kalau masih Alhamdulillah, kalau tidak syukurin (bercanda gan!!!). Setelah dinyalakan tapi masih ada masalah? bawa ke teknisi aja gan untuk dibongkar dan dikeringkan bagian dalam laptop yang mungkin terkena cairan tadi,soalnya kalau dibongkar sendiri takutnya sakitnya malah makin parah. Thanks dan semoga bermanfaat!


TAGS tips komputer laptop merawat laptop


-

Author

Follow Me